Ngaben di Bali

Sebulan yang lalu saya dan keluarga berencana liburan akhir tahun ke Yogyakarta, meski sebenarnya sudah membeli tiket ke Yogya… tapi rencana berubah ke Bali. Tanggal 20 Des saya menerima kabar duka, kalau Ayahanda dari Dosen S2 ITB saya (Dr. Komang Anggayana) berpulang di Bali, kebetulan 14 tahun yang lalu saya dan istri pernah menginap di rumah beliau. Jadi ingat “tidak ada yg serba kebetulan“.. semua adalah sistem yang satu kesatuan.
Dan kabarnya, acara Ngaben ayahanda pak Komang adalah tgl 25 Desember, persis jadwal saya tiba di Bali. Saya berangkat sama kelg dari Malang menggunakan Bus Restu Mulya (kayaknya sekarang bus Favorite dari Malang, ada 3 bus dan serb baru… jadi nyaman sekali). Tiba di terminal Ubung jam 7 waktu setempat, dijemput teman lama Pak Ketut Suarnaya (LPMP Bali).
Setelah istirahat sebentar, saya dan Pak Ketut menuju ke rumah duka di Tabanan, anak dan istri istirahat.
Tiba di rumah duka, ada Pak Komang, Bu Lilis, Justin dan Lana. Bakan ada tamu dari ITB Bandung, Dr. Indratmo (Dosen Teknik Sipil ITB) jadi ingat waktu diajar Irigasi oleh Pak Indratmo.
Upacara pertama sudah selesai, rencananya Ngaben akan dimulai jam 10-an di Makam dekat rumah duka.
Ngobrol sebentar dengan Pak Komang, teringat tahun 1994 ketika saya dan istri masih bujang, bersama teman2 ITB dan perusahaan pak Komang berlibur di rumah ini. Saya ingat hari itu saya pas ulang tahun, dan mulai pendekatan ke calon istri waktu itu. Bahkan pak Komang ingat, ketika pulang dari Bali, mampir ke Gombong, dan pak Komang sendiri yang bilang ke orang tua saya “Bapak-Ibu kami mau mengenalkan calon istri Wahyu”.. hehehe.. nekat betul…, kami belum jadian.. ortu saya kaget juga…., tapi dikira main-main saja …….tapi ya itulah ternyata waktu yang membuktikan. Jadi kami ke bali saat ini seperti “napak tilas”

About these ads

Leave a comment

Filed under dibuang sayang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s