Outbound di Balekambang

Saat saya sedang koordinasi di MJC Buring, saya diberitahu kalau foto-foto outbound di Balekambang sudah ada. Segera saya copy foto-foto digital tsb. Jadi ingat kegiatan outbound sabtu 22 desember yang lalu, begini ceritanya:

outbound ini dirancang untuk seluruh panitia seminar nasional menuju sekolah berbasis ict (sewindu milis dikmenjur), panitia sebagian besar adalah teman2 di malang joint campus serta beberapa mhs yang aktif di panitia.
kebetulan anak saya libur, jadi saya ajak juga anak bersama istri.
Jam 6 pagi, kami kumpul di vedc malang, ada 2 kendaraan yang digunakan, jam 6.30 kami berangkat. Balekambang, merupakan pantai di daerah malang selatan, kurang lebih 70 km, hanya jalan yang berkelok serta tidak begitu lebar, menyusuri desa2 setelah lewat gadang – gondang legi, ke kanan, kemudian ke selatan, kurang lebih perjalanan ditempuh 2 jam-an.  Masuk pantai balekambang suasana sejuk karena banyak pohon2 rindang di sepanjang pantai, juga semilir angin. Pagi itu .. pantai masih sepi pengunjung, mungkin karena terlalu pagi dan hari sabtu. Kami disambut tim Red Management yang nantinya akan memandu outbound.
Acara diawali pembukaan, kemudian saya sebagai koordinator mjs dan ketua panitia waktu itu diminta secara resmi “menyerahkan” teman2 mjc utk mengikuti outbund. Padahal saya juga ikut outbound, jadi saya juga menyerahkan diri.. hehehe.
Outbound diawali dengan lari-lari kecil di pinggir pantai sebagai pemanasan, kemudian mulai satu game, yaitu lempar bola, kami membentuk 1 lingkaran kecil.
Berikutnya, kami dipisah menjadi 2 kelompok, dan diminta memberi nama kelompok serta slogan kelompok.
Setelah masuk game tali, dimana kami bergandengan tangan, dan ada sebuah tali yang harus bergeser ataupun keliling, dan kami harus memindahkan tanpa harus melepas gandengan tangan, bahkan ada tantangan berikutnya, ada 2 tali yang harus bergerak saling berlawanan arah putar.
Balekambang Game Tali

Game berikutnya adalah menjatuhkan diri dari sebuah bawah jembatan, dimana teman2 berpegangan tangan dan baris rapat siap menerima. Diawali latihan, berdiri tegak dan didorong serta ditangkap oleh 2 orang.
Habis game ini, kami istirahat dan makan siang serta sholat.

Game Geblak

Berikutnya adalah game buaya darat, dimana kami harus melalui media rafia dan bambu, dimana kami tidak boleh menyentuh, bahkan 1 kotak hanya boleh diisi oleh 1 orang.

Game Buaya Darat
Selanjutnya adalah game pindah pulau, ada 6 area yang dibatasi tali rafia, dengan luas yang makin kecil, dan kami 1 group harus masuk semua ke setiap kotak, setelah penuh baru pindah ke pulau yang lain, hanya dengan dibantu sebuah tongkat kayu. kami hanya bisa pindah sampai 4 pulau.

Persiapan
Game berikutnya adalah, kami harus bisa memasukkan dan mengeluarkan sebuah ban luar mobil pada sebuah bambu dgn tinggi 2 meter, dengan syarat tidak boleh menyentuh tiang bambu tsb.

Memasukkan Ban

Google Group

Setelah game ini kami break, menikmati pisang goreng dan teh manis, sehingga kami lebih fresh utk game berikutnya.
Gerimis tiba2 turun, sehingga saya harus menjaga anak yg gak bisa diem supaya tidak keluar mobil hujan-hujanan. Teman2 yg lain malah bermain2 dipantai, kemudian dilanjutkan dengan game Segitiga bambu, pindah bola dengan tali, serta memindahkan dedak.
Game Segi Tiga

Game Bubuk

Game Pindah Bola

Hampir maghrib, outbound selesai, dan hujan bertambah besar, sehingga kami tidak bisa melanjutkan dengan api unggun sekaligus evaluasi. Setelah makan malam diiringi hujan cukup besar, kami meninggalkan pantai balekambang, sekitar jam 9 malam kami tiba kembali di malang, dan suasana di malang cerah tanpa gerimis sama sekali.

2 Comments

Filed under akti-vitas

2 responses to “Outbound di Balekambang

1. via

selamat malam, saya sedang mencari tempat outbound dan tertarik melihat liputan anda outbound anda di balekambang. Boleh minta alamat dan contact number tempat outbound tsb?terimakasih.

2. wahyupur

yang dimaksud apakah alamat tempat outbound atau alamat tim outbound ?

kalau alamat outboundnya:

Pantai Balekambang, daerah Malang Selatan, 60 km arah selatan kota malang

kalau alamat tim outboundnya adalah:
    Red Management, unit Pecinta Alam Unisma
    Jalan Mayjen Haryono 193 Malang 65144 – Indonesia Telephone: 0341 – 551932, 551822, Faksimili: 0341 – 552249