Workshop IGI di Semarang

Mulai Selasa 15 April 2008, saya mengikuti workshop IGI di Semarang, hingga 18 April 2008 ini. Sebenarnya ini adalah 2 workshop yang “berbeda”, workshop yg pertama adalah workshop implementasi dan monitoring kegiatan IGI di Institusi, dan workshop ke-2 adalah eLearning, hand over workshp elearning di Laos dan pembentukan komite elearning.
Workshop pertama, sebenarnya saya hanya mendamping Project Manager IGI – VEDC Malang, Bp. Dr. Sumarno, karena Beliau agak terlambat datang, sehingga saya harus duluan serta membawa data monitoring. Saya berangkat Senin malam, menggunakan Safari Dharma Raya. Jam 4.30 pagi sudah sampai Semarang, ada pengantaran ke Hotel Ciputra – Simpang Lima. Saya berangkat dalam kondisi yang tidak fit, sehingga ws hari pertama dengan ruangan AC yg sangat dingin, membuat saya mriang, sehingga malam harinya saya istirahat total, namun kondisi badan yg nggreges, apalagi AC kamar tetap dingin meskipun sudah saya kecilkan, jam 9 malam baru saya matikan AC di kamar, dan minum stop cold. Malam itu tidak bisa tidur nyenyak, kepala masih pusing dan badan dingin. Hari ke-2 workshop, saya sering diluar ruang pas acara yg menurut saya bisa saya tinggal, ketika istirahat, langsung ke Mall Ciputra, mencari apotik, dan ketemu Century, disitu saya membeli obat flu, serta vitamin, juga vitamin untuk anak yg sedang pemulihan (saya telp kondisi avi di malang, masih loyo, meski demam berkurang). rencananya vitamin Kids-C, berupa permen jelly, saya titipkan ke Pak Edi, teman wshop yg kebetulan tinggal dekat rumah, dan malam ini pulang ke malang.
Mungki karena vitamin dan obat flu yg saya minum, sorenya saya cukup fit. Dan malam jam 19.30-an saya janjian sama teman lama – MP’86 yaitu Kisgantoro yang sempat saya kontak pada pagi sebelumnya. Kis datang bersama istri, kami bincang-bincang di cafe hotel ciputra. Ini pertemuan setelah hampir 15 tahun, sehingga malam itu sampai hampir jam 22.00.
Besoknya saya mengikuti workshop ke-2, tentang elearning, pesertanya berbeda dengan wshop pertama. Pada wshop ini, di awal pertemuan, saya presentasi tentang hasil wshop elearning di Laos. Kemudian dilanjutkan diskusi strategi wshop ke-5 di Laos, dengan penjab yg berbeda.
Malamnya, saya bersama 14-an teman, jalan2 di semarang, menuju Kampung Laut. Suasana restoran di atas pantai. Saya pesan wedang jahe, untuk memulihkan flu dan batuk saya… ehm wedang jahenya sangat terasa dan porsinya gelas besar… sehingga benar2 hangat di tenggorokan dan badan.
Besoknya Workshop terakhir, diisi beberapa kali diskusi, utamanya tentang pembentukan Working Group eLearning IGI, serta program kerjanya. Dalam wgroup tsb saya masuk divisi promosi dan marketing, salah satu program terdekat adalah Seminar eLearning bulan Agustus di VEDC Malang.
Sehabis jum’atan, saya bersama teman pesan Bus Malam ke Malang, karena tidak dapat tiket kereta api yang jam 15.00 (padahal lebih cepat dan nyaman), sehingga dapat Safari Dharma Raya lagi, dan dapat nomor 25-26-27, ternayata ini nomor belakang. Seharusnya mencoba bus yg lain: ada handoyo dan nusantara. Malam itu jam 19.30 saya bersama P’Suwadi, P’rudi Ariyanto langsung ke agen Safari, dan benar dapat kursi belakang yg sangat tidak nyaman…. sudah kondisi kursi yg tidak nyaman… ditambah badan yang tidak fit, perjalanan malam itu bagi saya cukup menyiksa.. apalagi jalan lintas utara banyak yg rusak, saya beberapa kali terbangun dari tidur. Alhamdulillah, jam 6 pagi kurang saya sampai di terminal Arjosari Malang, ketika masuk terminal, terlihat istri dan anak saya avi menjemput saya. Melihat avi yang ceria -bisa mengobati kelelahan saya.

Leave a comment

Filed under akti-vitas

Leave a Reply

