Kembali dari RS Lavalette

Alhamdulillah, kemarin sore anak saya yg kecil -si Avi, boleh pulang dari RS Lavalette, setelah sejak Senin malam harus opname di RS. Siang kemarin Dokter bilang, avi sudah sehat, sudah boleh dirawat di rumah, masih harus jaga makanan dan obat haru dihabiskan, kemudian kontrol kembali.

Awalnya, sebenarnya panas flu biasa, tapi mungkin ini yang sering saya sebagai ortu menganggap panas biasa, padahal kita harus waspada dengan keadaan sekitar, karena saat anak panas, ketahanan tubuh anak berkurang, virus lain bisa masuk dan menyerang. Saya ingat, 10 harian yg lalu, waktu itu pulang dari masjid, agak gerimis, kami tidak menggunakan payung… dan biasa… anak2 malah senang.. berlari-lari.. hujan-hujanan. Esoknya, Avi panas… kemudian batuk, dicoba obat batuk anak2… panas agak reda tapi batuk masih sampai 2 hari…, kemudian ke Poliklinik, dokter bilang.. radang tenggorokan, dikasih obat dan antibiotik. Karena obat rasanya pahit.. gak mau diminum.. jadi kembali ke obat batuk anak biasa… sampai besoknya..baru mau minum obat dari dokter setelah dirayu dikasih madu, sehari minum obat.. kondisi batuk membaik…., hari berikutnya masih istirahat… panas dan batuk berkurang.. tapi belum aktif.

Hari senin malam, saya harus tugas keluar kota, sebenarnya berat juga ninggalin anak… meskipun sudah agak pulih tapi terlihat belum aktif, sepertinya masih lemas. Saya coba belikan mainan supaya istirahat total. Tapi Karena 4 hari dirumah, dia pengin masuk sekolah… ternyata di sekolah cuma tiduran di meja…. tidak bersemangat.. sepertinya masih lemas… oleh guru disuruh istirahat kembali. Ketika saya dengar seperti itu, saya bilang lebih baik istirahat saja, dan kalau kondisi memburuk segera ke dokter lagi, tapi avi gak mau…, kondisi sudah tidak begitu panas, tapi terlihat loyo.. dan telapak tangan serta kaki dingin sekali.

Hari sabtu, saya sudah tiba di rumah, avi kelihatan ceria.. dia masuk sekolah…., ditungguin sama ibunya.. tapi masih belum aktif.. gampang cape. Ketika di rumah, .. kondisi memang kelihatan sehat.. cuma tangan dan kaki kadang-kadang dingin. Hari minggu sore, sempat jalan keluar, karena memang saya rayu, kalau sore ini jalan, besok harus mau ke dokter, dan dia mau. Senin pagi2, saya ajak anak ke dr. Budi, dr spesialis anak di wijayakusuma. Ketika diperiksa, dan diceritakan keluhannya, dr. Budi bilang, harus periksa darah, biar lebih jelas, dia juga bilang belum ngasih resep/obat karena nunggu hasil periksa darah ambil darah. sorenya diminta menemui kembali di tempat praktek sore -di RS Lavalette.

Yg membuat kagum pada anak saya, dengan berani dan ceria diambil darah, mungkin karena biasa saat di TK, gak ditemenin ibunya saat diimunisasi/disuntik. Yang ngambil darah juga senang, karena gak rewel. Dari wijayakusuma, langsung mendaftar di Lavalette untuk mandaftar biar sore cepat.

Sore hari, jam 16.30 kami bersama anak kembali ke dokter, saya heran juga avi gak mogok, ambil periksa darah terus ke Poli RS Lavalette. Anak saya tetap ceria, tidak kelihatan sakit, ketika giliran periksa, maka pertama hasil periksa darah dibaca dokter, dr. Budi bilang, positif tifus dan ada positif dengue, jadi ada demam berdarahnya. Jadi benar hasil penelusuran di internet, salah satu tanda db adalah telapak tangan dan kaki dingin, setelah beberapa hari demam. Sore itu juga, anak saya masuk ke RS Lavalette, kebetulan tahun 2005 pernah juga opname disini, jadi biar familier dan anak saya lebih berani…., benar juga, avi gak rewel ketika diberitahu harus nginep di RS, dia juga nurut ketika harus diinfus. ceria meski diinfusHari-hari berikutnya, harus ikut semua aturan RS, istirahat dan makan yg halus2… ini yg membuat avi kesel.. karena makanan yg disuka cuma : tahu, telur, mie…. kalau diluar itu … gak disentuh…. untungnya disetiap menu ada yg disuka.. jadi masih ada yg masuk… dan hari ke-4 sudah ada perkembangan membaik. Sehingga esoknya ketika diperiksa, boleh pulang…. Alhamdulillah.

Leave a comment

Filed under karunia-anak

Leave a Reply

