Kunci Laptop

Subuh-subuh, saya ditelpon teman. Dia baru tiba di jogja, setelah perjalanan menggunakan bus dari malang. Biasanya memang jam 3-4 pagi sudah sampai Jogja. Dia mengabarkan berita buruk, laptopnya hilang!!

Dia menanyakan, mungkin nggak memblokir laptopnya, karena dia memang sempat meregristasikan laptopnya via internet. Saya belum tahu tentang hal seperti ini, tentang blokir laptop. Tapi kalaupun bisa, ternyata si-pencuri tidak koneksi ke internet kan tetap saja tidak bisa keblokir!

Saya pagi tadi coba googling, memang sudah ada teknologi anti pencurian laptop, yaitu : “Produsen komputer Dell memberikan layanan anti maling dalam BIOS laptop produksinya. Kita tak perlu panik saat laptop hilang karena keberadaan laptop bisa dilacak”.

Ternyata teknologi tersebut masih memerlukan pihak ke-3, yaitu Absolute Software’s Computrace. Detiknet mengutip Techweb, bahwa beberapa vendor laptop seperti Dell, Hewlett-Packard, Gateway dan Sony telah memasang modul pelacakan Absolute Software’s Computrace dalam BIOS laptop produksi mereka. Untuk mengaktifkan, teap harus mendaftarkan ke Absolute Software’s Computrace. Jadi tetap rumit juga untuk mengaktifkan hal ini di Indonesia.

Saya malah kepikiran, kenapa tidak membundel laptop dengan fasilitas sim card hp? Handpone kan ada yg murah, hanya 200 ribuan, tentunya kalau hardware ini ditambahkan ke laptop, tidak terlalu mahal. Sehingga pemilik tinggal memasang SimCard -tentunya terkunci, supaya tidak mudah dilepas. Nah, begitu laptop dinyalakan atau dihubungkan ke power listrik, langsung aktif, sehingga dengan bantuan operator Telpon (sesuai simcardnya), bisa dilacak keberadaan telpon, malah kalau mungkin bisa langsung memberikan perintah via hp untuk mengabarkan ke pemilik, dsb. Atau bahkan bisa berbunyi, kalau ditelpon. Kayak suara anti maling di mobil…!

Nah, sambil menunggu teknologi tersebut ada, ya… bagi teman-teman yang punya mobilitas tinggi, dan harus membawa laptop, sedangkan kendaraan yg dipakai adalah kendaraan umum seperti bus – kereta, ya harus hati-hati… dan waspada. Karena sudah banyak cerita tentang kehilangan laptop di bus/kereta, bahwan ada yg dipangku… tetap saja amblas…, karena kalau sudah capek dan tidur… gak kerasa kalau tas-nya digerayangi maling laptop.

Nah, saya ada tips sederhana, yaitu menggunakan kunci laptop, kunci ini bentuknya seperti ini:

biasanya, harus dikuncikan dipojok laptop (dipastikan semua laptop mempunya lubang untuk kunci ini), kemudian kita kaitkan dengan kaki kursi ataupun lainnya. Harga kunci ini juga tidak terlalu mahal, mulai dari 35 ribu rupih (yg bagus ada sampai 350 ribuan), bahanya cukup kuat karena dari kawat baja. Kuncinya ada 2 jenis: pakai kode angka, atau pakai anak kunci biasa.

Saya pun menggunakan kunci laptop ini, saat bekerja di kantor, jadi merasa tenang ketika harus meninggalkan laptop di meja, karena sudah terkunci dengan meja/kursi.

Memang penggunaan kunci laptop tidak praktis, karena kabel yg panjang, tapi… dari pada laptop disikat maling… laptop harga jutaan amblas… dan lagi datanya man…… ini yg bisa bikin pusing…. karena biasanya data ini yang penting!!!!

5 Comments

Filed under tips-n-trik

5 responses to “Kunci Laptop

  1. ada lg tips untuk menjaga dari maling laptop, mending naruh laptop di tas yang bukan dari bawaan laptop tersebut.soal nya pencuri biasa melihat dari tas nya.klo tas kita ada merk “acer”,”dell” apalagi “fujitsu”. yg lebih aman lagi,tas laptop kita dimasukkan kedalam tas lagi(jd ada 2 pengaman).

  2. jadi pingin niy pakai kunci laptop.
    dimana ya belinya mas?

  3. Nice information😀
    Bentar lagi PKL , dan “katanya” di daerah tempat saya akan PKL rawan kehilangan …jadi butuh deh😀

  4. WP

    @pak mur: bisa beli di toko asesoris komputer/laptop

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s