UAN Tanpa Beban

IchaSejak hari Selasa 13 Mei 2008, anak saya yang besar -Icha mengikuti UAN SD, dilanjutkan UA Sekolah. Ada 3 pelajaran yg diujikan secara Nasional, yaitu : Matematika, IPA dan Bahasa Indonesia.  Sebagai orang tua, tentu ikut menyiapkan, agar Icha bisa betul-betul siap. Selain bimbingan test di GO pada 6 bulan terakhir menjelang UAN, juga istri saya mencarikan soal-soal UAN sebelumnya. Bimbingan test memang memilih 6 bulan terakhir, karena waktu sebelumnya bisa belajar intensif di rumah saja.

Dua-tiga hari ini pun, istri saya bolak balik ke toko buku, berburu latihan soal. Saya juga mencoba searching, cuma dapat beberapa alamat, meski tidak terlalu up to date, seperti : http://soalsoal.freeweb7.com/soal/?m=200706 , http://soalsoal.wordpress.com/ , http://soal-unas.blogspot.com/

Persiapan seperti ini, sebenarnya untuk menghilangkan kekhawatiran, ortu mana yang bisa tenang ketika anak UAN. Teman saya sampai cuti kerja, agar bisa mendampingi serta menyiapkan segala sesuatu agar anaknya bisa ikut UAN dengan tenang. Kalau saya tidak sampai cuti, tapi saya memberi perhatian dengan antar serta jemput anak saya, jadi saya minta ijin, setiap jam 10.00 keluar kantor untuk jemput anak.

Dengan persiapan-persiapan seperti itu, alhamdulillah anak saya juga bisa mengikuti UAN tanpa beban. Faktor psikologis sangat penting ketika UAN, karena banyak berita, anak yang stress ketika menghadapi UAN, bahkan ada anak yang biasa ikut lomba Olimpiade matematika dsb, stress ketika UAN. Menghadapi UAN tanpa beban, bukan berarti cuek, tetapi bahwa UAN adalah ujian seperti biasanya, dan harus dihadapi dengan sebaik-baiknya.

Alhamdulillah, hari ini anak saya selesai UAN & UA sekolah, semoga hasilnya memuaskan. Sekarang tinggal menunggu hasil UAN & UA sekolah beberapa hari mendatang.

Leave a comment

Filed under karunia-anak

Leave a Reply

