Datang ke Festival Malang Kembali 2008

Hari minggu kemarin, 25 Mei 2008 adalah hari terakhir Festival Malang Kembali 2008, yang digelar sejak 22 mei di sepanjang Jl. Ijen, Malang, dan dibuka dari jam 08.00-24.00 tiap hari. Saya bersama keluarga memanfaatkan kesempatan hari minggu untuk datang di FMK ini.

Kami masuk lewat arah dari stadion gajayana, dan disuguhi “Masoek kawasan Malang Taoen 1222 M”, ya karena di FMK 2008 ini ada diorama sejarah yang dibuat menceritakan tujuh masa. Yakni, masa pra sejarah (6752 SM), Kerajaan Kanjuruhan (760 M), Mataram Kuno (924 M), Singasari (1222 M), Majapahit (1293 M), Islam klasik (1600 M), kolonial (1767 M), dan masa perjuangan (1947 M). Di setiap masa itu akan diceritakan seberapa jauh peran Malang dalam sebuah negara yang akhirnya dinamakan Indonesia.

Sepanjang jalan ada ragam jajanan dan barang kerajinan, ternyata ini merupakan bagian kecil dalam Festival Malang Kembali (FMK). Karena, Panitia telah menyediakan lima acara yang semuanya bermuatan pendidikan sejarah. Yakni, diorama (gambar tiga dimensi), panggung rakyat, sayembara dan lomba-lomba, workshop, serta upacara adat.

Pendidikan seni budaya diusung melalui panggung rakyat. Ada ludruk, wayang kulit, wayang beber, wayang topeng dan wayang panji. Termasuk digelar juga ketoprak, tayub, andong Malangan, gambus, qasidah, dan salawatan.

Kita juga ditawari sajian keterampilan budaya melalui workshop singkat gratis. Workshop yang dipandu ahlinya itu, antara lain menyuguhkan keterampilan keramik, gerabah, tari, ukir, batik, wayang kulit dan karawitan. Ada pula kaligrafi, pencak silat, ludruk, topeng dan pembuatan keris.

fmk2008Suasana tempo dulu, selain sajian makanan, tempat, dan pakaian, juga tulisan-tulisan yang ada, seperti “waroeng soto”, “soevenir” dll. Diorama tiga dimensi yang besar, dimanfaatkan pengunjung untuk berfoto. Bahkan panitia membuat sawah untuk lebih memberi nuansa 3 dimensi di gambar suasana alam Malang yang asri.

1 Comment

Filed under liburan

One response to “Datang ke Festival Malang Kembali 2008

  1. ayu

    pak
    arti dari kesenian andong malangan itu sendiri pa?
    sekarang saya dapat tugas dari sekolah untuk meneliti kesenian itu?
    sekarang alamat bapak dimana atau telfon atau email bapak?
    sekarang saya ada di malang….
    mohon jawabannya secepatnya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s