Workshop Pembelajaran Berbasis ICT di Makassar

Setelah tadi malam, acara workshop dibuka, yg kebetulan saya terlambat hadir, karena penerbangan saya dari surabaya delay. Hari ini mulai acara workshop workshop Pembelajaran Berbasis ICT bagi Guru Produktif SMK se-Sulsel.
Tadi malam saya juga sempat ketemu dengan fasilitator lain, yaitu Pak Yohanes Mainda (PAk Yo), Pak Haryanto dan Pak Amin. Dengan Pak Yo – SMKN 5 Makassar, sempat komunikasi via email, bahkan materi saya, saya kirim via email ke Pak Yo. Kalau Pak Amin, dari SMKN 2 Makassar, ternyata 1 bulan yang lalu, pelatihan eLearning di VEDC Malang selama 2 minggu. Jadi Pak Amin, sudah paham materi yang akan saya bawakan dan saya susun. Karena kebetulan, untuk materi pelatihan eLearning di VEDC, sylabusnya adalah berdasar yang pernah saya buat, meskipun pelatihan kemarin bukan saya yang menyampaikan.
Dengan fasilitator, saya diskusi strategi workshop, dan saya lihat jadwal yang mereka buat adalah berdasar kerangka program yang saya kirim via email.
Jumlah peserta hampir 100 orang, dan ternyata tidak semuanya berlatar belakang mengajar TI. Info yang seharusnya mereka membawa laptop, juga diterima hanya sekitar 30 % saja. Jadi nanti 1 laptop untuk bertiga.
Ada tiga materi utama yang diberikan pada workshop ini:
– Penulisan Bahan Ajar berbasis Web, penulisan_bahanajar_berbasis-web
– Pengenalan Moodle
– Pembuatan Blog., membuat_blog_wordpress
Karena, di tempat workshop tidak ada fasilitas internet, maka untuk Blog hanya informasi saja, dan mereka diharapkan bisa langsung mempraktekan sesuai modul yang sudah saya buat.
Hari pertama ini diisi dengan pengantar Pembelajaran Berbasis ICT oleh saya, kemudian Pak Amin ngasih pengantar eLearning dan Pembuatan Instruktional Desain. Wah bagus juga, habis pelatihan di VEDC, pak Amin bisa langsung mendesiminasikan di workshop ini.
Siangnya, saya ngasih pengantar Penulisan Bahan Ajar berbasis Web (presentasi), dilanjutkan praktek dipandu oleh Pak Amin.
Barulah di materi ini, peserta antusias, karena software eXe yang digunakan menarik buat mereka. Dengan cepat mereka bisa membuat bahan ajar berbasis web. Apalagi ketika membuat Quiz, bisa interaktif. Juga ketika dikenalkan Image Magnifier, wah bisa bikin kaca pembesar/zooming untuk gambar. Masih ada tool lain dari eXe, dan ini membuat penasaran peserta.
Semua materi bisa di download pada link-link di atas.
Peserta juga mendapat CD berisi file materi dan software, yang sudah diunduh sebelumnya oleh Pak Yo. Memang enak kalau bekerja dengan sesama pengguna ICT, bisa berkolaborasi dengan cepat dan efesien.

1 Comment

Filed under akti-vitas, narasumber

One response to “Workshop Pembelajaran Berbasis ICT di Makassar

  1. muh.amin

    thank, atas bimbingan mas Wahyu, sehingga pelatihannya berjalan lancar, sekaligus menambah ilmu dan confidence saya, semoga kedepan kita lebih berkembang lagi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s