Model Evaluasi Pembelajaran berbasis Web

Universitas Islam Malang (Unisma) selama dua hari menyelenggarakan workshop “Pengembangan Sistem Evaluasi Pembelajaran Berbasis ICT” bagi Dosen FKIP Unisma (Pend. Bahasa dan Sastra Indonesia, Bahasa Inggris, dan Matematika) dengan narasumber Prof. Dr. Burhan Nurgiyantoro dan saya sendiri.

Prof. Dr. Burhan Nurgiyantoro menyampaikan materi dalam 2 sesi pagi : Bentuk dan Jenis Evaluasi Pembelajaran, dan Model Authentic Assessment dalam Evaluasi Pembelajaran.

Sedangkan saya, siangnya jam 13.00-16.00 diminta teori dan praktik tentang : Model Evaluasi Pembelajaran berbasis Web

Peda kesempatan tersebut saya menyampaikan tentang jenis-jenis tes interaktif berbasis IT, yaitu:

Tes Objective :

  • True – False (benar salah)
  • Multiple Choice (pilihan ganda)
  • Multi Select (pilihan ganda asosiasi)
  • Mathcing (menjodohkan)

Tes Non Objective :

  • Jumble exercise (menyusun huruf/kata)
  • Fill in the Blank (close activity) (melengkapi/jawaban singkat)‏
  • Crossword (teka-teki silang)

Saya sampaikan pula software-sofware untuk membuat tes interaktif tsb, salah satunya adalah Hot Potatoes, yang selanjutnya dipraktekan secara bersama-sama. Hot Potatoes, adalah freeware bagi pendidikan, dan mudah digunakan. Untuk interaktifity, hot potatoes menggunakan HTML dan Javascript, namun untuk menggunakan dan membuat tes, tidak perlu menguasai HTML dan Javascript.

Ada 6 tools di Hot Potatoes, yaitu :

  • JQuiz (question-based exercises)‏
  • JCloze (gapfill exercises)‏
  • JMatch (matching exercises)‏
  • JMix (jumble exercises)‏
  • JCross (crosswords)‏
  • The Masher (buildling linked units of material)‏

Saya perkenalkan satu-persatu. Mulai dari JQuiz untuk membuat soal pilihan ganda. Cukup 2 langkah : yaitu mengisikan judul tes, pertanyaan dan pilhan jawaban, kemudian tekan button export web page (atau tekan F6), maka kita akan menyimpan hasilnya, berupa file HTML dan bisa langsung preview hasilnya.

Para dosen langsung mencoba, karena mereka membawa laptop. Begitu selesai membuat jenis soal ini, dan bisa dilakukan dengan mudah, mulai pertanyaan-pertanyaan agar bentuk tes bisa lebih interaktif, diantaranya:

  • bagaimana menambahkan intruksi/perintah
  • bagaimana memberi waktu (batasan waktu mengerjakan soal)
  • bagaimana agar siswa/peserta tes hanya diberi kesempatan 1 kali menjawab
  • bagaimana agar bisa membuat soal lebih dari 3 (karena kalau belum registrasi di hot potatoes, maks. 3 soal)
  • bagaimana menambah bacaan pada soal
  • bagaimana mengacak soal, atau dan jawaban.

maka sesi-sesi berikutnya adalah tentang konfigurasi di hot potatoes sehingga menjawab pertanyaan2 di atas. Dilanjutkan seluruh jenis quiz dicoba, hingga membuat TTS dengan mudah. Tepat jam 16.00 workshop bisa diselesaikan.

2 Comments

Filed under akti-vitas, narasumber

2 responses to “Model Evaluasi Pembelajaran berbasis Web

  1. Makin maju penguasaan IT moga-moga dapat memacu makin majunya pendidikan nasional kita.

  2. Artikelnya bagus, yang saya maksud bobot workshopnya itu lho, trs kalo yg gak ikut workshop tapi ingin dapetin ilmunya gimana ya ???

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s