Pelatihan pembuatan bahan ajar berbasis web di SMKN 2 Buduran Sidoarjo

Selama dua hari saya saya memberi pelatihan pembuatan bahan ajar berbasis web di SMKN 2 Buduran Sidoarjo. Sekolah ini merupakan SBI (Sekolah Bertaraf Internasional) di Sidoarjo. Seperti biasa saya mengenalkan tentang eXe (eLearning XHTML Editor).
Hampir 50 Guru mengikuti pelatihan ini, dilaksanakan pada saat puasa karena memang mencari waktu yang memungkinkan. Lab. Komputer yang digunakan sebenarnya bisa menampung seluruh Guru, bahkan komputer yang digunakan merupakan komputer baru dengan flat lcd. Namun karena jumlah yang cukup banyak tentu hal yang tidak mudah, untungnya ada 2 Guru yang pernah mengikuti pelatihan yang sama, sehingga bisa membantu.
Apalagi ternyata masih banyak guru yang belum familiar dengan penggunaan komputer: copy-paste belum biasa, mencari file tidak tahu caranya, kesulitan menggerakan mouse. Padahal materi pembuatan bahan ajar berbasis web sangat disarankan peserta familiar dengan pengolah kata, serta sudah memahami tentang konsep internet, atau terbiasa menggunakan internet. Maka ketika saya tanya apakah memiliki email? Punya tapi sudah lama sekali nggak dibuka. Pernah dengan wikipedia? belum Pak…..
Untuk itu, saya harus pelan dan sering mengulang materi tentang pembuatan bahan ajar berbasis web ini. Sehingga iDevices yang saya kenalkanpun tidak bisa semuanya, tapi cukup beberapa yang penting, yaitu : freeText, Objectives, Image Gallery, ini saya berikan pada hari pertama. Untuk Soal: cloze activity, true-false dan multi-choice, idDevices ini saya kenalkan pada hari ke-2, kecuali close activity sempat saya berikan pada hari pertama.

Leave a comment

Filed under dibuang sayang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s