Cari Souvenir di Pasar Kebun Sayur

Hari ke-empat pelatihan di Balikpapan diawali dengan listrik mati, dan menurut kabar memang seperti demikianlah Balikpapan, kalau sudah kena aliran, bisa seharian. Untuk itu disepakati hari ini teori dan diskusi sampai tengah hari.

Jadilah saya mengajari sastra komputer, karena harus “mendongeng”. Saya mengasih materi tentang apa itu blog, engine blog, point-penting sebuah blog, perbedaan antara beberapa penyedia free blog, seperti wordpress, blogger, blogsome, multiply.

Setelah diskusi, maka segera saya tutup sesi ini, karena rungan juga sudah makin panas, dikarenakan listrik mati maka ac juga ikut mati.

Ada tawaran menarik dari Ibu Dwi dan ibu Luwes, mau mengantar ke Pasar Kebun Sayur untuk cari souvenir atau cenderamata, ternyata mati lampu ada hikmahnya juga.. hehehe.. bisa jalan-jalan…..

Pasar Kebun Sayur, sebuah pasar inpres di Balikpapan, yang terkenal dengan berbagai pedagang souvenir.  Nggak tau kenapa dinamai kebun sayur, mungkin karena dulu pasar ini menjual sayur mayur…. begitu masuk yang terlihat di deretan depan adalah toko-toko perhiasan. Lebih dalam lagi banyak toko yang menyediakan berbagai manik-manik: kalung, gelang, bros…. dengan bermacam tipe, model, ukuran, desain.. dan tentunya kualitas…..

Saya coba mencari gelang tasbih, yang terbuat dari kayu, yg digosok seperti batu, katanya sih bisa sebagai obat juga. Ini pesanan adik saya, ketika tahu saya mau ke Balikpapan. Harga? yah seperti bisa sebuah pasar…. harus pintar-pintar nawar. Gelang-gelang manik, gelang tasbih kecil bisa ditawar hingga 30-50%.

Masuk ke dalam lagi, banyak toko dengan souvenir ukuran besar: perisai/tameng dayak, ukiran, tikar, badik.. buanyak lagi. Disini juga ada : batik, kaos, sarung dll dll.

Selesai cari souvenir, diajak makan ikan patin bakar, cumi bakar… ehm pass banget dengan suasana perut. Jam 12.15 selesai, saya sempatkan sholat jum’at di sebuah masjid dekat Pasar Kebon Sayur. Makasih untuk ibu Dwi Susanti dan Ibu Luwes yang sudah mengantar cari souvenir.

1 Comment

Filed under akti-vitas, narasumber

One response to “Cari Souvenir di Pasar Kebun Sayur

  1. Andi

    Salam kenal Pak Purnomo, dengar pasar kebun sayur inget 3-4thn lalu pernah kesana kesana,sayangnya cuma sebentar jd gak inget deh apa disana juga jual bj2 Bali, kayaknya sepintas ada yg jual…..Bisa bantu sy gak, barangkali Pak Pur tahu nama toko/pemilik dan no.tlp toko di sana yg jual bj2 Bali kayak bj2 Bambu, barong, pelangi, kebetulan sy bikin sendiri nih, dan sdh rutin msk Jakarta,….sori jadi merepotkan nih…..Oh ya sy liat slh st foto anda sekeluarga di Garuda Wisnu Kencana,….apa p.Pur juga mampir ke pantai Dreamland, sdh tdk terlalu jauh dari sana pak, dan lebih bagus ketimbang kuta..yah, namanya juga tinggal di Bali..he..he..Peace.Andi…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s