JTechnopreneur, Digital Entrepreneur

Amerika sudah mulai terkena resesi, kabarnya 1 diantara 10 pekerja di Amerika tahun depan terancam PHK, dan imbasnya tentu sampai indonesia. Untuk itu, kita harus siap-siap, nah peluang yang bagus bagi mhs TI/TKJ adalah wirausaha digital. Demikian pembuka yg disampaikan pak Frans Thamura (pendiri JUG Indonesia, Meruvian dan salah satu pengembang JENI) saat memberikan kuliah tamu bagi mahasiswa MJC dan VEDC malang, yang berlangsung mulai jam 13.30 s/d 16.00 WIB bertempat di ruang seminar Bima Hall Lt 2 VEDC Malang.

Ini memang pengantar kuliah Manajemen dan Kewirausahaan bagi mhs MJC batch1, saya mencoba mengajak Pak Frans yang kebetulan 2 hari di Malang, untuk saya ajak ngasih kuliah umum. Kebetulan 3 hari sebelumnya sempat chat sama pak Frans, sehingga tahu ada jadwal ke malang.

Banyak materi tentang teori kewirausahaan, manajemen, contoh-contoh praktis, tips-trik, pesan-pesan moral, motivasi, yang diampaikan pada materi siang tersebut, dan berlangsung cukup gayeng, terbukti mahasiswa bertahan 2,5 jam di ruangan tersebut, juga diselingi tanya-jawab.

Ada tips bagaimana memulai wirausaha, mulai mencari produk ataupun memperbaiki wirausaha yg pernah dijalankan. Penting untuk mempunyai pikiran2 yang berbeda, yg gila, inovatif agar bisa mempunya produk yg memang laku. Contoh: aqua, waktu mulai jualan pasti orang banyak yg berpikir, ngapain bikin air kemasan? air banyak dimana2? masa air 1 liter lebih mahal dari bensin? tapi nyatanya.. sekarang menjadi produk yang banyak diikuti oleh yg lain dan sukses.

Perlunya berpikir inovatif, yaitu dengan memberi nilai lebih pada produk yg dihasilkan, nilai lebih pada – good – service – experince. Contoh adalah Starbucks Coffee, gimana dia bisa menjual kopi satu cangkirnya lebih 30 ribuan, padahal bisa dikatakan hanya 1 sendok. Starbucks Coffee telah memberi nilai lebih pada service dan experince.

Perlunya branding, kalau TI mulailah dengan bloging, aktif di milis, sehingga dikenal oleh masyarakat.

Perlunya promosi, promosi perlu minimal setiap 100 hari biar terus dikenal masyarakat. Banyak produk yg sempat “jatuh”, misalnya obat nyamuk “hit”, tapi setelah memperbaiki lagi, kemudian promosi lagi, juga “oreo”, bahwa penting berpromosi. Juga setiap 8 tahun, ini adalah 2,5 kali siklus pemerekan.

Perkembangan software sangat beragam, dan seorang IT tidak harus menguaai semuanya, maka pentinguntuk spesialisasi. Setelah itu berkolaborasi dan membentuk Team Work. Contoh Team Work yang bagus adalah dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW, beliau mempunyai 4 sahabat Umar, Usman dll yang ke-4nya memiliki karakter sendiri2: ada panglima perang, ada pedagang, ada ilmuwan/researcher. Kombinasi ke-4nya adalah Team Work yang bagus. Mereka ahli di masing-masing, dan kita jangan salah memberi tugas. Kalau kita memberi tugas dagang ke yg ahli perang, bisa-bisa berantem mulu, ngajak perang aja dsb. Haruslah memberi tugas ke yang ahlinya.

Kalau semua sudah dilakukan, kerja keras sudah, kita harus tetap percaya kepada Yang Maha Mengatur. bahwa berkah Allah itu penting, dan bisa memahami bahwa ada orang yang tidak diberkati juga penting.

Bersyukur juga penting. Bersyukur bahwa kita diciptakan Tuhan sebagai manusia, bukan sebagai sapi, kambing, kerbau, monyet. (Tapi dia bilang, sekarang kita harus baik-baik sama monyet.. supaya bisa dekat sama Luna Maya).

Disela-sela kuliah juga ada mahasiswa yg bertanya, “bagaimana menumbuhkan jiwa kewirausahaan?”. Pak Frans menyampaikan tentang “segitiga niat”, bahwa kalau mau berubah, maka perlu punya rasa ingin tahu, berikutnya berusaha untuk bisa, dan yang paling penting adalah niat. Niat sangatlah penting!!, jadi ingat “bahwa segala sesuatu itu dinilai pada niatnya..” betul juga ya.. niat sangatlah penting.

Penutup kuliah, Pak Frans menyampaikan, beberapa “kesalahan” para tokoh IT dunia, bahwa Bill Gates juga pernah membuat pernyataan yang “salah”, juga “bapaknya” komputer yg pernah menyatakan komputer tidak akan lebih dari 15 kilo (?), nyatanya sekarang handphone hanya 2 onz, dll. Artinya, jangan taut salah, dan memang manusia tempat salah, namun setelah salah, berusaha memperbaiki, dan teruslah maju.

Bayangkan kalau Bill Gates setelah itu dia merasa salah, kemudian malu…, maka nggak ada MS Windows yang menguasai pasar saat ini.

Dibawah ini suasana perkuliahan.

dsc00808

dsc00807

2 Comments

Filed under akti-vitas, motivator, tanya-kenapa, tips-n-trik

2 responses to “JTechnopreneur, Digital Entrepreneur

  1. Frans Thamura

    wah blognya sangat lengkap sekali, terima kasih pak

  2. jTechnopreneurship disampaikan di mahasiswa ya … melihat isinya sudah semestinya sih .. btw, smoga Pak Frans bsedia menurunkan “kadarnya” saat menyampaikannya di Kendal tgl 22 besok, tanpa mengurangi nilai aktualitasnya. Selamat pak Wahyu, sdh dpt jTechnopreneurship… saya masih membayangkan nih🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s