Facebook media promo yg bagus

Dua minggu lalu ditelpon dari Departemen Agama, katanya teman di facebook, yaitu pak Rofiq, saya coba cek di facebook saya, betul ada nama tsb. ehm ternyata gak rugi punya facebook, dapat teman dan malah mau ngundang saya sebagai pemateri di Semiloka pengembangan bahan ajar berbasis ICT bagi Guru Pendidikan Agama Islam SMP.

Dan akhirnya kemarin saya datang ke Bandung untuk mengisi acara tersebut. Ada 30 peserta dari 20 Propinsi, sebagaian besar adalah Guru Agama Islam di SMP. Bagi Departemen Agama katanya ini merupakan pertama kali. Dari sini diharapkan peserta dapat membuat materi pembelajaran yg berbasis ICT, baik berupa presentasi maupun video, dan memanfaatkan Internet sebagai salah satu sumber memperkaya materi pembelajaran.

Saat acara saya, sebagai moderator adalah pak Rofiq sendiri, saya sampaikan bahwa ini pertama kali bertemu, meski kami sama-sama ikut “jamaah fesbukiyah” alias kenal via facebook🙂 . Pada Wshop ini saya diminta menyampaikan materi tentang Internet sebagai sumber pembelajaran PAI. Bagaimana browsing, serta melakukan pencarian efektif, serta menyimpan text, gambar, animasi, video, suara dari Internet.

Dimana-mana google pasti dikenalkan sebagai situs untuk mencari informasi yang kita cari di internet. Saya pun mengenalkan google, serta teknik pencarian yang efektif, seperti penggunana tanda petik, near, +, -, serta filetype.

Saat diskusi tentang Google, saya teringat sebuh informasi, bahwa pencipta Google ternyata mengambil nilai-nilai yg disampaikan oleh Nabi Muhammad SAW, bahwa dengan memberi sebanyak-banyaknya, maka kita juga akan mendapatkan yang berlipat ganda pula. Prinsip Google seperti itu, google secara free, menyediakan banyak layanan: searc engine, translate, mail, docs, blog, semuanya free, tetapi mengapa pemilik Google malah makin kaya? itulah jawaban dari sebuah nilai: makin banyak memberi, sedekah, berbagi ilmu dll, insyaAlloh kita akan mendapat manfaat lebih banyak lagi.

Saya juga kenalkan http://www.al-islam.com yang menyedikan informasi agama islam sangat lengkap. Kemudian teknik menyimpan informasi, baik teks, maupun gambar.

Untuk download video, saya kenalkan http://www.keevid.com sebagai alat untuk mendownload video dari youtube ataupun situs yang lain.

Workshop sesi pertama yang berlangsung mulai pukul 19.30 malam, dan saya isi lebih banyak ke praktek, searching-dowloading dll, ternyata tidak membuat peserta mengantuk, meski sebenarnya terlihat capek karena mereka hari ini baru saja datang untuk workshop selama tiga hari.

Diakhir materi, saya sempat mengenalkan Ubuntu Muslim Edition, yah saya kira pas banget buat para Guru Agama ini menggunakan OSS, dan yg pas bagi mereka salah satunya adalah Ubuntu ME karena banyak aplikasi Islami. Dan tepat pukul 22.30 workshop ini diakhiri.

Itu pengalaman pertama, diundang jadi pemateri workshop via facebook. So, manfaatkan facebook untuk aktualisasi diri serta bersilaturahmi.

1 Comment

Filed under narasumber, seminar

One response to “Facebook media promo yg bagus

  1. ada lomba blog hadiah 15jt tunai di http://www.balaibahasabandung.web.id
    daftarin ja blognya disana gratiss..
    mohon disebarkan ke temn2 lainnya

Leave a Reply

