Bahan Ajar Berbasis TIK

Materi ini sebenarnya pernah saya sampaikan di beberapa workshop, tapi kali ini saya diminta menjelaskan dari hal yang umum, mulai dari eLearning, eLearning System (LMS), eLearning Content, hingga bahan ajar berbasis web yaitu menggunakan eLearning XHTML Editor.

Workshop kali ini adalah Workshop Pemberdayaan PTK dalam Pengembangan SMK SBI yang diselenggarakan oleh P4TK BOE/VEDC Malang tanggal 29-31 Oktober 2009, diikuti oleh Kepala Sekolah atau Wakil kepala Sekolah SMK baik yang sudah berstatus SMK SBI maupun yang RSBI.

SMK-SMK SBI ini sebagian besar sudah memiliki infrastruktur yang bagus, lab komputer dengan jaringan bahkan koneksi internet, bahkan beberapa SMK menyediakan komputer di setiap ruang kelas, LCD serta LAN dengan jaringan ataupun wireless. Namun seperti biasa koneksi internet yang lambat membuat pemanfaatan infrastruktur TIK yang kurang optimal. Seharusnya bisa dengan mengoptimalkan Intranet, yaitu memperkaya konten pembelajaran di intranet.

Salah satu caranya adalah dengan membuat bahan ajar berbasis web menggunakan eLearning XHTML Editor (eXe), dimana guru dengan mudah membuah bahan ajar berbasis web dengan eXe yang cukup interaktif, kemudian dikumpulkan di server sekolah. eXe sangat mudah digunakan oleh guru, dimana guru tidak perlu pengetahuan khusus tentang web design/HTML sudah bisa membuat bahan ajar berbasis web yang dilengkapi dengan quiz (true-false, multiple choice, short answer), juga berbagai fasilitas yang menarik untuk sebuah bahan ajar. Apalagi eXe bisa didapat gratis di web exelearning serta bersifat open source.

Presentasi saya bisa didownload di sini>>, bagi yang ingin mendapat modul serta diskusi tentang eXe juga bisa ikut di mailing list eXe-id.

Ada usul dari seorang peserta, bagaimana kalau Direktorat PSMK mengadakan lomba konten eLearning khususnya bahan ajar berbasis web, seperti yang biasa diselenggarakan oleh Direktorat PSMA dengan Lomba Bahan Ajar Multimedia bagi guru SMA. Ide yang menarik, kira-kira PSMK tertarik gak ya?

1 Comment

Filed under narasumber

One response to “Bahan Ajar Berbasis TIK

  1. Saifullah

    demi anak bangsa saya berharap bahan ajar berbasis ICT ini dapat terus dikembangkan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s