Membuat Distro eLearning Server (Moodle) berbasis Ubuntu (Jaunty Jackalope)

Pada bulan Maret 2009 yang lalu ada ide untuk Membuat Distro eLearning Server (Moodle). Distro adalah sebuah turunan, atau remastering operating sistem umumnya yang open source seperti Linux. Tujuannya adalah agar sekolah dapat dengan mudah menyediakan eLearning Server yang open Source sehingga murah, dan tidak diribetkan dengan proses instalasi eLearning Platform (Moodle). Distro ini harapannya dilengkapi dengan paket web server dengan LMS, juga dibundel dengan beberapa contoh sebuah materi Training Online yang cukup lengkap (ada materi, tugas dan quiz).

Mencoba mencari referensi tentang membuat distro sendiri, browsing di beberapa blog yang banyak membahas tentang Distro. Semua informasi saya simpan, dan saya belum juga mulai mencoba, juga disibukkan dengan beberapa kegiatan. Sampai pada bulan juli Pak Onno W Purbo merilis “schoolonffline” sebuah Distro turunan Ubuntu yang diharapkan Distro ini dapat membantu sekolah dalam menyelenggarakan pelajaran komputer, tanpa perlu adanya internet. Paket yang dibundel juga sangat lengkap. Di milis dikmenjur saya sempat menanyakan apakah ada moodle-nya? Pak Onno bilang ada. Wah ini pas banget, saya sempat memancing dimana ada tulisan pak Onno dimana saya bisa belajar teknik remastering ini, katanya ada di http://opensource.telkomspeedy.com/wiki.

Awalnya tulisan di wiki tersebut belum banyak, tapi beberapa bulan kemudian saya kembali ke sana, wiki-nya sudah semakin lengkap, bahkan ada beberapa pranala ke 4-5 tulisan, dan terlihat sangat runtut. Wah kayaknya “bekal” untuk mencoba membuat sendiri Distro eLearning Server sudah cukup dan bisa dimulai nih. Maka pada Oktober kemarin saya sudah mulai melakukan beberapa persiapan, mencari PC yang memungkinkan dan bisa mendukung proses remastering ini, iso Ubuntu, beberapa paket server serta sebuah Modul online yang nantinya dibundel di sana.

Hari minggu kemarin dibantu oleh Iwan -mahasiswa Malang Joint Campus, proses remastering ini dilakukan di Buring, kebetulan koneksi internet cukup bagus, apalagi hari minggu tidak ada kelas yang menggunakan internet. Semua proses dilakukan persis dengan tulisan di wiki tentang Membuat_sendiri_Distro_SchoolOnffLine, dengan sedikit perubahan karena kebutuhan paket lebih sedikit, hanya menambahkan dengan sebuah Modul online yang siap sebagai contoh di eLearning Server tsb. Pada prinsipnya semua bisa dilakukan dengan lancar, kalaupun ada kendala, langsung googling sehingga bisa mendapat solusi (seperti bagaimana memperbesar kapasitas upload Moodle, karena awalnya 2 MB). Dan Alhamdulillah setelah 2 jam dihasilkan sebuah iso Distro eLearning Server. Terima kasih pada pak Onno yang terus berbagi ilmu di http://opensource.telkomspeedy.com/wiki

Uji coba pertama dilakukan dengan emulator VirtualBox yang juga mudah di install di ubuntu, mencoba langsung install untuk melihat apakah Moodle yang dilengkapi dengan contoh modul online dapat bekerja. Hasilnya tidak mengecewakan, moodle bisa langsung jalan, dan modul online bisa dicoba. Alhamdulillah.

Screenshot moodle di virtual box

Tadi malam saya mencoba, burning iso tersebut pada sebuh DVD, kemudian mencoba Live DVD tanpa install di PC/Laptop tetapi hanya menjalankan dari DVD, apakah bisa berjalan? Alhamdulillah, ubuntu bisa berjalan sekaligus moodlenya bisa langsung diakses. jadi Live DVD ini bisa digunakan untuk demo tentang eLearning Server dalam hal ini Moodle, sehingga praktis untuk sebuah workshop atau pelatihan. Untuk instalasi langsung juga bisa dilakukan dengan mudah, dan ada tutorial di step-by-step-ubuntu-904-jaunty-desktop-installation-guide.

Setelah ini saatnya share iso hasil remastering ini, tapi dimana? saya coba mendaftar di http://sourceforge.telkomspeedy.com dan harus menunggu direview 72 jam, semoga disetujui sehingga hasil ini bisa di share, sehingga bagi yang memerlukan bisa mendownload gratis iso Distro eLearning Server ini.

5 Comments

Filed under akti-vitas, tips-n-trik

5 responses to “Membuat Distro eLearning Server (Moodle) berbasis Ubuntu (Jaunty Jackalope)

  1. Pingback: Distro eLearning Server sudah bisa di download « [: Wahyu Purnomo :] wahyuPur

  2. Benar-benar menarik…kebetulan saya bermaksud membuat sebuah distro turunan ubuntu…kira2 step2nya seperti apa ya pak???

    thanks

  3. Pingback: 10 tahun Milis Dikmenjur » Blog Archive » Distro eLearning Server

  4. riki

    mas kalu boleh minta modul nya ga

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s