Workshop IT Nasyiatul ‘Aisyiyah

“trm ksh pak wahyu..dah bikin yg tdnya sdkt muzmet jd tambh muzmet neh..hehe..” begitu comment di fb bu Ikromah Palupi peserta Workshop IT yang diselenggarakan oleh Nasyiatul ‘Aisyiyah. Mungkin karena bejibunnya materi yg diterima sejak pagi hingga siang, mulai dari Email, Chat, Milist, Googling, membuat Blog hingga facebook jadi ‘muzmet’.
Ini adalah catatan saya, sekilas tentang workshop teknologi informasi bagi generasi muda pimpinan wilayah nasyiatul ‘aisyiyah se-wilayah kedu & banyumas yang diselenggarakan pada hari Sabtu-Ahad yg lalu 13-14 Februari 2010 di STIKES Muhammadiyah Gombong. Ini mengingatkan saya Seminar Nasional tahun lalu yg diselenggarkan oleh SMAGO86, didukung oleh RISTEK dan SEAMOLEC, persis di bulan yg sama tepatnya 8 Pebruari 2010 dan di tempat yang sama, dimana hadir Pakar IT Dr. Onno W. Purbo, juga direktur SEAMOLEC Dr.Ir. Gatot HP, serta rekan2 saya: Kwarta AP, Agus Hery & Retno Sulistyaningrum.
Sebenarnya Workshop IT kali ini berharap bisa menghadirkan Ibu Lina Onno WP, yang juga mulai banyak mengadakan kegiatan Workshop Perempuan Melek IT, jadi tepat kalau hadir di wshop nasyiatul aisyiyah, namun sepertinya belum ada sponsor yg bisa mendatangkan beliau, shg mbak Eppi (ketua panitia) kali ini meminta saya, jadinya yg hadir WP yg lain.. alias Wahyu Purnomo🙂
Workshop kali ini diikuti oleh sekitar 40-an peserta dari Banyumas hingga Temanggung, bahkan ada dari Pekalongan. Dibuka pada Sabtu malam, dan salah satu materi adalah tentang Hipnoterapi. Baru minggu paginya saya mengisi dengan Workshop IT.
Sesi saya dimoderatori oleh mbak Navi Agustina (Ketua Panitia Pengarah), yg berharap selesai workshop ini semua peserta memiliki email. Sebagian peserta memang belum memiliki email, sehingga diawali dengan pembuatan email di Gmail. Kemudian mencoba mengirim email, untuk itu peserta saya minta kirim email ke saya, dan 3 yg tercepat akan mendapat doorprize. Ini sekaligus untuk presensi yang sudah berhasil membuat email. Dalam beremail saya juga menjelaskan tentang netiqet beremail, cc – bcc, dan attachment. Juga tentang Chat menggunakan fasilitas Gtalk, tentunya ini menarik ketika bisa berkomunikasi secara real-time.
Ketika peserta ditawari utk break terlebih dahulu, mereka bilang masih asik.., maka panitia mempersilahkan untuk sambil mengambil minum & snack sendiri.
Setelah beremail ria, saya jelaskan tentang Milist (mailing list), begaimana mencari group milis, mendaftar/subscribe, serta setting: digest & nomail.
Berikutnya adalah tentang mencari informasi melalui Googling serta fasilitas Google lainnya: Image, translate.
Aplikasi awal di workshop adalah tentang berkomunikasi menggunakan IT, kemudian mencari informasi, maka saatnya memproduksi informasi, melalui Blog. Di awali dengan apa itu blog dan contoh2 Blog, langsung saja peserta membuat Blog melalui Blogger.com. Hanya tiga langkah membuat sebuah blog, step 1 membuat account di Blogger.com, step 2 membuat nama dan alamat blog, step 3 memilih theme/tampilan blog, maka selanjutnya sudah bisa posting melalui menu New Entry. Bagi yang sudah berhasil posting, saya minta mengirim email ke saya menyebutkan alamat blognya, segera saja masuk hampir 10 email di inbox saya, dan 6 yang tercepat mendapat doorprize kembali dari peserta, diantaranya: http://idhabay.blogspot.com, http://ncuzcynk.blogspot.com/, http://elianidwi.blogspot.com, http://nikmah-aljarreau.blogspot.com, http://catatahatirifaazzahra.blogspot.com, http://tartitipdnabms.blogspot.com/, http://catatansriariswati.blogspot.com. Tepat jam 12 sesi awal selesai, salut juga dgn peserta, meski mumet.. ternyata bisa menyelesaikan materi blog.
Setelah ISHOMA, materi dilanjutkan dengan jejaring sosial, menggunakan facebook, yg ternyata sebagian peserta juga sudah mempunyai account facebook. Sebelum praktek membuat fb, saya jelaskan dulu manfaat serta feature apa saja yg ada, sehingga diharapkan fb ini tidak hanya sekedar update status, namun seperti mbak Navi harapkan, juga bisa untuk silaturahmi – dakwah, berbagi dll, melalui menu: Messages, Notes, Photos, Group, Link dll.
Untuk membuat facebook tidak sulit, melalui http://www.facebook.com, langsung sign up di sana, mengisi data awal utamanya email, kemudian verifikasi security chek, berikutnya konfirmasi via email. Setelah chek email, dan klik link konfirmasi, kembali akan masuk ke facebook, ada 3 step: Find Friends, Profile Information, Joint a network.
Pada workshop ini, saya  juga membuatkan Group NA Kedu – Banyumas, dgn harapan bisa menjadi group fb bagi NA di Kedu – Banyumas.
Sebenarnya masih ingin berlama-lama pada Workshop IT ini, karena masih ada beberapa pertanyaan dari peserta, tapi karena saya harus segera kembali ke Malang, jam 14.30 WIB saya mengakhiri sesi saya, dan harapanya pertanyaan tetap bisa didiskusikan via email atau fb.

3 Comments

Filed under narasumber, seminar

3 responses to “Workshop IT Nasyiatul ‘Aisyiyah

  1. ass. kalau bisa blognya para peserta tersebut dapat dipublikasikan pak, kepengen kenal juga dengan mereka, supaya dapat berbagi apa saja…..
    salam pak.

  2. kapan lagi ya, Balikpapan kedatangan orang-orang seperti anda ?……..

  3. Mas Wahyu, SMAGO dibuatin web yang bagus dong masa cuman punya blog, udah gitu isinya copy paste….

    Kemarin Selasa, 23 Feb 10 aku ikutan acara talkshow Internet Sehat ketemu sama Dr. Ono W. Purba (ortunya orang Kedungpuji Gombong…).
    Kata pak Ono, mas WP termasuk orang yang hebat….. ^_^

Leave a Reply

