Dua Seminar di Bulan Ramadhan

Awalnya rencana menyelenggarakan seminar di bulan Ramadhan dipertanyakan oleh beberapa teman. Apa nanti ada pesertanya? Apa ada yg mau datang saat puasa, biasanya kan kalau puasa orang mengurangi aktifitas, orang mengurangi melakukan perjalanan, lebih baik di rumah, istirahat atau malah lebih baik tidur. Bukankan tidur di saat puasa juga dapat pahala? Meski sebenarnya kalau mau positif: tidur saja dapat pahala, apalagi kalau beraktifitas positif tentu lebih berlipat.

Seminar biasanya kan serius, peserta harus konsentrasi, apa iya ada peserta yang mau datang??

Melihat ini sebenarnya tantangan, mengapa tidak dicoba? Maka pertama yang saya lakukan ketika merancang seminar ini adalah, menghubungi pembicara, karena sebagian besar pembicara ini dari luar kota, kira-kira mau datang tidak ya?? Ternyata mendapat tanggapan positif mereka siap datang !! Bagus ….

Kemudian saya sampaikan ke teman-teman yang akan menjadi panitia, siap tidak? Ternyata mereka siap, bahkan ada teman yg bilang “wah asik gak perlu menyediakan konsumsi..” Lho siapa bilang?????, seminar ini dilaksanakan habis dhuhur hingga menjelang maghrib, jadi tetap menyediakan tajil dan buka puasa !! Sebenarnya ini bagus juga, bisa dikatakan ngabuburit.. nunggu buka puasa sambil seminar, sharring dan menambah ilmu!!

Setelah itu langkah selanjutnya adalah menentuan tempat penyelenggaraan. Kalau pembicara siap, panitia siap, tempat siap, maka sebenarnya 50 % persiapan seminar sudah tercapai!!

Akhirnya dua seminar siap dipublikasikan, yaitu :

  1. Seminar Nasional “Java Technology untuk Pembelajaran Inovatif” tanggal 26 Agustus 2010 bertempat di VEDC Malang, dengan organiser : VEDC Malang
  2. Seminar Nasional “Pembelajaran Sains yang menyenangkan (Fun Science)” tanggal 27 Agustus 2010 bertempat di Perpustakaan Kota Malang, dengan organiser : Malang Joint Campus

Ini lagi yang ditanyakan teman2, kok waktunya hampir berbarengan?? Berarti berebut peserta dong?? Kedua seminar ini memiliki target peserta yang berbeda, Seminar Java targetnya adalah : Dosen, Mahasiswa, Guru SMK/SMA yang lebih ke Tek. Informatika. Sedangkan seminar Fun Science targetnya adalah Guru Pendidikan Dasar: SD/MI/SMP, mahasiswa di bidang pendidikan ataupun orang tua untuk parenting guide putra/inya.

Pada seminar java technology saya tidak menjadi pembicara, saya hanya mengkoordir persiapan dan penyelenggaraan seminar, kalaupun harus “turun” cukup jadi “cadangan” pembicara atau moderator. Seminar ini disiapkan dengan dua kali rapat koordinasi, karena organizer dan tempatnya di VEDC relatif “aman”, yang penting manajemen mendukung maka tinggal jalan, apalagi ada sponsorship dari Sun Microsystem. Cuma tantangannya ketika menjelang seminar saya juga ikut workshop 3 hari di kota Batu, jadi benar-benar membagi waktu dan menyempatkan bolak-balik Malang-Batu.

Pada seminar fun science, selain menjadi ketua panitia, juga jadi pembicara, lho kok diborong? Soalnya tidak ada sponsorship finansial, apalagi tiketnya murah-meriah, jadi kalau saya jadi pembicara kan nggak perlu “ngongkosi” hehe.. jadi panitia gak perlu kuatir… tetap harus dengan niat “banyak-banyaklah beramal di bulan Ramadhan” dan Alhamdulillah ada dukungan dari InfoLINUX untuk majalah serta free-workshop bagi peserta seminar dari JP VEDC melalui STTAR. Selain tantangan sponsorship, tantangan lain : organiser adalah teman-teman MJC, dimana teman-teman ini sudah bekerja dan punya aktifitas ditempat yang berbeda-beda, ada yang masih di Buring, sedangkan yg lain di Batu, di Tumpang, di Soekarno Hatta, di Singosari dll, jadi teman2 berada di tempat yang berbeda-beda. Unungnya teman-teman MJC sudah beberapa kali meng=organise seminar, jadi yang penting komunikasi, via fb, sms atau telpon. Persiapannya pun “hanya” dilakukan dua kali rapat koordinasi.

Untuk publikasi kedua seminar ini juga relatif mudah, karena targetnya sudah berbeda dan jelas, maka media yang digunakan cukup : facebook (membuat update status dan membuat event dengan mengundang teman), mailing list, web site, pengiriman brosur menggunakan kurir untuk kota malang (ternyata kurir relatif jauh lebih murah dibanding via pos). Tanpa perlu iklan ke media surat kabar.

Hasilnya?? Alhamdulillah, bisa berjalan lancar, peserta juga sesuai target masing-masing.

Seminar Java Technology, di Bima Hall Lt. 2 VEDC Malang, dengan kapasitas awal 75 orang, harus menambah kursi menjadi 90-an lebih. Peserta datang dari Purwokerto, Purbalingga, Semarang, Jogja, bahkan ada dari Politeknik Banjarmasin. Tentu lebih banyak dari Jawa Timur dan Malang sendiri. Peserta dari jawa tengah umurmnya menggunakan kereta atau bus malam, berangkat malam, sampai malang pagi-nya, kemudian ikut seminar siang-maghrib, pulang kembali malam, pagi sampai kembali, jadi mereka menempuh 2 hari jalan (pp).

Seminar Fun Science, di Aula perpustakaan Umum Kota Malang, dengan kapasitas kursi yang disediakan 100 buah, ternyata harus menambah karena peserta hampir 130 orang. Peserta terbanyak dari Malang Raya (Malang, Kab. Malang dan Batu), ternyata juga datang dari Sragen, Madiun, Lumajang bahkan dari Menado, Bogor, Jakarta (namun yang terakhir ini sebagian memang sudah di Malang sebelumnya, atau sedang ada kegiatan di Malang).

Jadi ternyata Seminar di Bulan Ramadhan tetap banyak didatangi peserta, dari berbagai kota lagi… tentunyanya memang harus topik/materi seminar yang menarik, sehingga menjadi pilihan peserta untuk mengikuti seminar, sambil ngabuburit.. menambah dan sharing ilmu !!!!!

Apalagi untuk Seminar Fun Science, peserta juga mendapat CD berisi : Makalah Seminar, eBook Ramadhan, Software Edu (Gcomprise:EduGames, Stellarium:Planetarium, Marble : sejenis Google Earth, Calestia, Solveelec:electric), Video Sains. Tentang software Edu ini akan saya tulis dikesempatan berikut.

Terima kasih dan selamat untuk pembicara, panitia dan pendukung dua seminar : java technology & fun science.

Leave a comment

Filed under akti-vitas, seminar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s