Seminar di awal 2011

Hari Minggu 2 Januari 2011 saya mengisi seminar pertama di tahun 2011 ini. seminar bertempat di SMAN 1 Malang yang diselenggarakan oleh Smart Community Institute.

Sebagai pembicara pertama, saya datang 15 menit sebelum acara, ketika saya masuk Aula, terlihat kursi memenuhi Aula, belum banyak yg datang, saya sempat berpikir banyak sekali kursi yg disiapkan panitia, penuh dari depan sampai belakang, apa nanti dipenuhi oleh peserta ya?

Pukul 08.10 WIB acara dimulai, sudah mulai banyak peserta yang datang, dan seiring berjalannya waktu ruang Aula tersebut penuh, menurut panitia 1000 guru hadir .., seperti foto berikut ini:

Materi yang diminta panitia untuk saya sampaikan adalah Desain Pembelajaran dengan Media Teknologi Informasi  dan Komunikasi, dimana juga saya demokan “Memanfaatkan media mengajar dari Internet”

Makalah saya berformat PDF (4,3 MB) dapat diunduh di

http://www.4shared.com/document/B9usKJvY/desain_pembelajaran_dengan_med.html

sedang berformat PPT (10 MB) dapat diunduh di

http://www.4shared.com/document/CiAGTaPe/desain_pembelajaran_dengan_med.html

Cukup banyak pertanyaan dari peserta, diantaranya :

  • Sebagai guru agama, saat menjelaskan ttg alam barzah, muridnya menyela “Apa Bapak pernah ke sana??” bikin kecut juga ya mendapat pertanyaan seperti itu, Apa TIK bisa menjawab pertanyaan spt itu?
  • Apakah bisa menkonfersi format file medi FLV ke MP4 atau 3GP dan sebaliknya?
  • Mohon didemokan cara install Add-Ons di Mozilla Firefox
  • Bagaimana mengatasi keterbatasan spek komputer ketika software (khususnya Mozilla) versi terbaru 3 ke atas memerlukan spek tinggi

Selanjutnya Bp. Suparto dari UMM menyampaikan materi tentang Fun Learning, utama mengulas karakteristik Generasi Digital/Y sebagai siswa saat ini. Pemateri berikutnya adalah Bapak Lukman, tentang pentingnya pendidikan karakter. Dengan mengawali sebuah pertanyaan “Ketika Internet sudah dikuasai, Wifi tersedia di sekolah, apakah sudah cukup? apakah tidak ada dampak negatif? jika ada.. apa yg diperlukan utk mencegah hal itu? salah satunya adalah : Pendidikan Karakter!!

Yang menarik mengisi seminar saat ini adalah ada peserta yg langsung posting di facebook saya http://www.facebook.com/wahyupur, juga saya selalu mendapat pertanyaan lanjutan dari guru melalui message via facebook salah satunya:

Pak saya peserta seminar di SMAN I malang tgl 2 jan. Setelah saya praktekkan kok enggak bisa, pada hal saya cari gambar animasi, tolong dibantu .

saya coba jawab sbb:

cari format flash pak? kata kucinya apa pak?

misalnya cari animasi siklus hidrologi

ketikkan di google
siklus hidrologi filetype:swf

klik link yg ada tulisan [FLASH] didepannya, lihat gambar di atas, jika tidak ada keterangan [FLASH] maka itu adalah halaman html,
ini hasil pencarian saya

http://www.google.co.id/search?q=siklus+hidrologi+filetype%3Aswf&ie=utf-8&oe=utf-8&aq=t&rls=org.mozilla%3Aen-US%3Aofficial&client=firefox-a

misalnya saya klik yg berikut:
http://elcom.umy.ac.id/elschool/muallimin_muhammadiyah/file.php/1/materi/Geografi/DINAMIKA%20PERUBAHAN%20HIDROSFER%20%28BANJIR%29.swf

maka akan diperoleh file format flash atau swf
Tapi jangan lupa Mozilla Firefox ada plugin flash player

Demikianlah seminar yg diselenggarakan dikala orang masih menikmati libur… tapi sudah diisi dengan aktifitas yang membuat masyarakat pendidikan belajar…

2 Comments

Filed under narasumber, seminar

2 responses to “Seminar di awal 2011

  1. Aang Junaidi

    informatif

Leave a Reply

