Supermedia di Bapelnak Batu

Kemarin saya berkesempatan berbagi materi supermedia di Balai Besar Pelatihan Peternakan Batu. Bapelnak ini di bawah Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian – Kementerian Pertanian. Meski lama di Malang, saya baru pertama ke Bapelnak, lokasinya adalah di jalan Songgoriti, Batu.

Tidak sulit untuk mencapai ke sana, karena memang ke arah tempat wisata Songgoriti di kota Batu. Begitu masuk jalan Songgoriti, maka di sebelah kanan terlihat pintu gerbang Bapelnak. Saat tiba di sana, saya disambut oleh seseorang dan langsung menyapa “Selamat datang pak Wahyu”, saya heran….. lho koq sudah kenal ya, ternyata dia adalah mas Wiwied, salah seorang peserta di seminar saya tentang multimedia untuk pembelajaran di Universitas Muhammadiyah Malang beberapa waktu lalu.

Workshop kali ini diikuti oleh Widyaiswara dan Tenaga teknis di Bapelnak Batu. Materinya sebagian besar adalah pemanfaatan supermedia untuk memperkaya bahan tayang/bahan ajar. Ya, materi supermedia ini memang satu tahun terakhir sering saya sampaikan di beberapa workshop.

Untuk kali ini dikenalkan hal yang basic, misalnya penggunaan SmartArt dan Chart. Meskipun hal basic, namun senang ketika beberapa peserta menyampaikan “wah ini yang dicari-cari, jadi bisa membuat presentasi yg menarik dan lebih cepat”.

Berikutnya, bagaimana mendapatkan  supermedia dari internet, cara mencari yang efektif, serta cara mengunduhnya. Diawali supermedia yang berbasis flash, berikutnya yang berbasis video/movie.

Setelah mendapatkan media tersebut, baru kemudian bagaimana memasukkan ke dalam presentasi kita, sehingga bisa membuat presentasi lebih menarik, bahkan interaktif dengan flash.

Materi Supermedia dapat didownload di sini >>

Senangnya dapat berbagi materi supermedia, semoga dikesempatan lain dapat berbagi materi lainnya :

  • Blended learning with web 2.0
  • Pembuatan bahan ajar berbasis web dengan eXe.
  • Pembuatan quiz interaktif
  • Learning Management system berbasis Moodle
  • Dll

1 Comment

Filed under narasumber, workshop

One response to “Supermedia di Bapelnak Batu

  1. salam pak Wahyu….untuk data kami saat pelatihan beberapa tahun lalu diserver exe, apa masih bisa dipakai?
    (peserta diklat Pembelajaran berbasis online di SMK 4 balikpapan 2008)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s