eLearning Server on my pocket

Saat selesai membuat Distro eLearning Server, ada keinginan selain versi CD/DVD juga versi UBS Flash, harapannya Distro yang berbasis Ubuntu ini juga dapat dijalankan via USB Flash, sehingga saat pelatihan eLearning berbasis Moodle, peserta yang menggunakan Netbook (tanpa CDRoom) dapat menjalankan secara Live dari USB Flashdisk.
Selain itu tentu akan mendapat manfaat atau kemudahan lain jika kita bisa memiliki start-up disk berbasis Linux Ubuntu yg bisa disimpan di saku.
Dengan distro ini diharapkan sekolah yang menginginkan server untuk eLearning berbasis Linux dengan platform LMS berupa Moodle bisa mendapatkan/instalasi dengan mudah yaitu cukup instalasi operating sistem Distro ini. Selengkapnya bisa baca kembali tulisan saya di http://goo.gl/TLUpS
Akhirnya kemarin berhasil mencoba membuat Instaler Distro ini di USB Falsh Disk, untuk membuatnya cukup menyiapkan Flashdisk minimal ukuran 2 GB, CD atau image dari Disktro eLearning Server ini. Sedangkan untuk membuatnya, saya langsung menggunakan Ubuntuk Desktop, melalui menu USB Startup Disk Creator. Maka nanti akan dideteksi disc image (.iso), dan USB Flashdisk tujuan.
Kemudian kita diminta memasukkan kapasitas untuk penyimpana data, defaultnya 254MB. Setelah itu proses akan berjalan, dan waktu yg dibutuhkan tidak lebih dari 30 menit.
Setelah selesai, saya ujicoba langsung di Netbook Dell saya, flash disk saya masukan ke salah satu USB Netbook, kemudian ketika booting, saya tekan F12 untuk memilih Options Booting, saya pilih USB Flash Disk, dan Enter, maka langsung tampil bbrp pilihan, pilih Try Ubuntu without any change to your computer, klik enter .
Maka proses booting berlangsung, dan tampilan awal Ubuntu Desktop segera tampil.
Kemudian saya coba buka Mozilla Firefox, saya ketikan di address bar http://localhost/moodle, hasilnya sbb:

 

Moodle langsung tampil sebagai eLearning Server, dan itu dilakukan tanpa proses instalasi apache, php, mysql dan moodle!!!

Alhamdulillah bisa memiliki Distro eLearning server yg bisa disimpan disaku alias USB Flashdisk🙂

Hari ini 20 Oktober 2011, adalah tepat 7 tahun Ubuntu di rilis, yaitu 20 Oktober 2004. Happy birthday Ubuntu !!!

2 Comments

Filed under akti-vitas, tips-n-trik

2 responses to “eLearning Server on my pocket

  1. Pingback: Aku jatuh cinta lagi | [: Wahyu Purnomo :] wahyuPur

  2. Pingback: Aku jatuh cinta lagi | chintyaglory77

Leave a Reply

