Aku jatuh cinta lagi

Eitss…tunggu dulu…jangan curigation dulu, ini ceritanya:

Sejak awal 2009 saya sudah menggunakan Linux Ubuntu Muslim Edition 8.04 sebagai operating system notebook saya, bahkan di komputer desktop saya di kantor juga pake Linux Ubuntu. Mungkin di Gedung Putih VEDC satu-satunya yg pakei Linux Ubuntu untuk aktifitas penggunaan komputer, yang lain masih menggunakan M$ Win***. Saya enjoy saja menggunakan aplikasi yang ada, karena hampir semua aplikasi perkantoran ada serta menu dan penggunaan sama dgn yang ada di M$ Win***. Untuk sharring file pun, saya bisa dengan mudah menggunakan dan berkomunikasi dengan komputer lain meski yang lain pake M$. Untuk mencetak/print saya juga bisa melakukan dengan mudah, meski printer ada di komputer teman yg disharring printernya.
Aplikasi office lengkap: ada Presentasi, Pengolah Kata, Spreadsheet. Bahkan jika teman-teman pake aplikasi M$ Office 2007 yg docx, xlscx dan xx yg lain..hehe, saya dengan mudah membukanya, jadi tetap bisa kolaborasi mengerjakan dokumen bersama. Bahkan jika ingin menyimpan dalam format PDF, saya tinggal print atau Export as PDF tanpa perlu tambahan software lagi.
Untuk membaca PDF juga tersedia Document Viewer, untuk editing gambar tersedia GIMP, untuk Multimedia dan Games juga tersedia lengkap…pokoknya komplit pake telor..hehehe
Satu lagi, yang bikin kesel orang ketika bekerja dengan komputer.. VIRUS!! Nah dengan Linux Ubuntu saya BEBAS VIRUS…, kalau teman-teman menyerahkan filenya via flash disk, lansung tancap saja ke USB,,tidak perlu scanning dulu..tidak perlu takut terinfeksi, malah bisa bantu teman membersihkan virus di flash disknya..tinggal delete file-file bervirus. Mantabss kan??
Beberapa teman harus berulangkali install M$ Win-nya karena terkena virus, desktop saya …lancar jaya..tidak pernah install ulang.
Satu lagi..Linux Ubuntu ini dapat diperoleh dan digunakan secara Free alias Gratis, bandingkan dgn M$ Win yg harus ngeluarkan ratusan ribu, belum lagi aplikasi lainnya: Office, Grafis dll..kita ngeluarkan ratusan ribu lagi..artinya uang kita tersedot keluar. Atau kadang orang terpaksa (atau sengaja ya) membajak!!. (dosa tidak ya mbajak??) Kalau pake Linux Ubuntu..gratis, dan gak perlu membajak..alias halalan thoyiban….

Nah setahun lalu saya pake Netbook, sayangnya sudah terbundel dengan M$W Vista, waduh harus kembali pake M$ Win nih…, mau cari Linux for Netbook belum ada kesempatan..sibuk dengan pekerjaan di Data & SIM..he he ngeles.com.
Sampai akhirnya, pada awal Oktober ini saya pindah tugas ke Departemen TI, jadi ada waktu untuk ngoprek-ngoprek TI lagi di sela-sela mengajar. Nah kemarin saya coba masuk ke Ubuntu.com, ternyata ada Ubuntu for Netbook. Trus baca-baca, bahwa untuk Netbook biasanya menggunakan installer di USB Flashdisk, karena netbook tidak dilengkapi CDRoom. Segera saya coba membuat USB Start Up Disk, dan fasilitas ini ada di Linux Ubuntu. Langkah-langkahnya nya bisa dibaca disini >>

Oh ya, tentang Linux Ubuntu dapat dibaca di http://www.ubuntu.com, sedikit saya kutip:

What is Ubuntu?
Loved by millions of users worldwide, the Ubuntu operating system is secure, stylish and easy to use. With no unnecessary trial software and no clutter, Ubuntu’s fast and it stays fast. And you can choose from thousands of free apps in the Ubuntu Software Centre. So you can customise your computer just how you like it.

kalau diterjemahkan di Google:

Apa itu Ubuntu?
Dicintai oleh jutaan pengguna di seluruh dunia, sistem operasi Ubuntu aman, stylish dan mudah digunakan. Dengan tidak adanya perangkat lunak percobaan yang tidak perlu dan tidak ada kekacauan, Ubuntu cepat dan tetap cepat. Dan Anda dapat memilih dari ribuan aplikasi gratis di Ubuntu Software Centre. Sehingga Anda dapat menyesuaikan komputer Anda sesuka Anda.

Dan sekarang, saya pakai Linux Ubuntu lagi..meski di Netbook.
Tampilan Linux Ubuntu di Netbook :

Gimana, jatuh cinta tidak pada pandangan pertama?
Kalau aku..jatuh cinta lagi…

Itu ceritaku, apa ceritamu?

1 Comment

Filed under akti-vitas, tips-n-trik

One response to “Aku jatuh cinta lagi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s