eLearning VEDC Malang

Setelah menyiapkan hampir 4 bulan melalui 12 kali workshop bagi pengampu Diklat Berbasis eLearning, Alhamdulillah bersamaan dengan Dies Natalis PPPPTK BOE/VEDC Malang ke – 20 maka pada bulan Mei 2012 ini diluncurkan situs eLearning VEDC Malang di alamat http://elearning.vedcmalang.or.id/

Sebagai Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan dan Tenaga Kependidikan BOE/VEDC Malang, sebenarnya pemanfaatan elearning secara internal sudah lama diselenggarakan. Namun penyelenggaraan eLearning untuk “eksternal” yang dapat diikuti secara online dari berbagai daerah baru dimulai pada bulan Mei ini.

Telah siap 17 Mata Diklat berbasis eLearning, dengan model Blended Learning, yaitu fase online dan fase tatap muka. Fase online sekaligus sebagai tahapan seleksi peserta diklat yang akan diundang pada diklat fase tatap muka. Jadi apabila ada 30 peserta diklat fase online, maka akan dipanggil 12 orang untuk fase tatap muka, yaitu mengikuti Diklat di VEDC Malang dengan biaya DIPA.

Hal tersebut juga disetujui oleh Kepala Badan PSDMP-PMP Prof. Syawal Gultom, elearning ini diharapkan bisa mewadahi dan memperluas akses Tenaga Pendidik dan Kependidikan yg melakukan pengembangan diri. Elearning ini bisa menjadi pintu bagi peserta diklat yang akan dipanggil Diklat ke VEDC Malang. Dengan demikian makin banyak peserta terwadahi, dan yang datang untuk mengikuti Diklat mempunyai kemampuan yang lebih siap karena sudah mempelajari materi terlebih dahulu lewat media elearning ini.

Sebagai tahap awal akan ada 3 Group Diklat eLearning yang akan dibagi menjadi 3 waktu pelaksanaan. Masing-masing tahap berdurasi 3-4 minggu fase Online. Untuk periode pertama yaitu 14 Mei – 2 Juni 2012 ada 6 Diklat, yaitu:

  1. Teknik Bubut Komplek;
  2. Gambar Mesin 3D dengan CAD;
  3. Teknik Elektronika Analog;
  4. Bahan Ajar Interaktif;
  5. Servis Sepeda motor;
  6. Servis AC Mobil.
Dengan jumlah peserta 210 Guru dari berbagai daerah yang diseleksi dari pendaftar melalui MGMP Teknologi binaan VEDC Malang.
Tantangan awal bagi admin, adalah bagaimana memasukan user peserta ke situs elearning secara cepat, karena memang kebijakan awal, peserta tidak mendaftar secara mandiri ke situs elearning, tetapi akan dibuatkan account. Setelah itu adalah bagaimana mengirim email secara cepat ke seluruh peserta diklat melalui email dengan informasi username dan password masing-masing. Alhamdulillah hal ini dapat diatasi, tulisan tentang cara upload peserta secara cepat dan spesifik serta mail merge di email dapat dibaca di http://wahyupur.blogspot.com
Semoga eLearning VEDC Malang dapat memperluas AKSES dan KETERJANGKAUAN layanan pendidikan khususnya bagi Pendidik dan Tenaga Pendidikan di seluruh tanah air. Semoga sukses!

Leave a comment

Filed under narasumber

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s