Membangun Website Sekolah

Beberapa waktu lalu ada teman yang menanyakan bagaimana membangun website sekolah? Ternyata memang masih banyak sekolah yang belum memiliki website sendiri. Masih banyak sekolah kalau kita cari websitenya di Google, yang tampil adalah facebook sekolah tersebut, atau data di Kemendikbud.

Website sekolah sebenarnya sarana yang bagus untuk komunikasi dengan masyarakat, publikasi, marketing bahkan branding. Saat inipun tidak sulit untuk membangun website sekolah, bahkan yang sederhana bisa saja berbasis blog, seperti wordpress.com ataupun blogspot.com.

Selain itu sudah ada beberapa CMS (content management system) untuk Sekolah. CMS bisa dikatakan sebuah template website yang sudah lengkap menunya, tinggal mengisi kontennya saja. Diantaranya saya coba browsing, ada :

Ketiga CMS di atas bersifat gratis alias free, karena berbasis Open Source. Sehingga kita dapat mengunduhnya secara gratis, dan mengembangkannya sendiri. Untuk CMS Formulasi tersedia versi pengembangan yang tentunya berbayar. Namun pada prinsipnya ketiga CMS tersebut sudah mempunyai menu/fitur-fitur standart untuk web sekolah, diantaranya :

  • Data Sekolah
  • Data Guru
  • Data Siswa
  • Data Pengumuman
  • Data Agenda
  • Gallery Photo

bahkan meski sederhana, CMS Schoolhos sudah menyediakan :

  • eLearning
  • Upload Materi
  • Data Alumni
  • Form Registrasi Alumni
  • bahkan PSB (Penerimaan Siswa Baru)

Kalau melihat dari sisi kesederhanaan fitur maka CMS Schoolhos sederhana tapi lengkap, berikutnya Kajianweb dan CMS Formulasi. Namun untuk instalasi, sebenarnya CMS Formulasi lebih mudah, karena sudah dilengkapi menu instalasi.

Tulisan berikut sedikit membahas prinsip instalasi CMS tsb, utamanya Schoolhos. (klik readmore)

Ketiga CMS tersebut memang memerlukan hosting di penyedia jasa hosting, yang sekarang cukup banyak tersedia, bahkan ada yang hanya 5 rb/bln kita bisa menyewa space untuk hosting website. Namun tentunya harus melihat fasilitas dan besarnya space yang disediakan. Beberapa jasa hosting : Galuh.web.id, idwebhost.com dll.

Selain itu kita juga perlu mempunya domain/alamat website, yang dapat dipesan di jasa hosting tersebut. Dapat juga dipesan domain .sch.id yang memang sesuai untuk sekolah.

  1. Setelah hosting (baik domain maupun space server) siap, maka siap untuk install dengan mengunduh dulu source CMS Schoolhos  di http://sourceforge.net/projects/cmsformulasi/
  2. Setelah berhasil diunduh, kita ekstract/unzip dulu untuk mendapat file manual instalasi yang ada di sana, filenya adalah manual instal.pdf yg memang disusun oleh Ari Rusmanto pengembang CMS tsb, atau baca di sini manual instal
  3. Berikutnya, masuklah ke cpanel hosting kita, untuk membuat database bagi cms kita. Dari hosting kita juga mendapat data nama username dan password databasenya. Karena akan digunakan untuk edit file koneksi.php di folder konfigurasi.
  4. Upload cms kita, kemudian edit ile koneksi.php di folder konfigurasi. Selengkapnya mungkin bisa membaca manual di point 2
  5. Setelah selesai, kita diminta membuat user dan password admin. Jika berhasil kita dapat masuk ke panel admin, difolder /adminpanel/index.php dengan user admin tsb.

Berikut ini contoh tampilan setelah login admin :

Schoolhos CMS admin_20130617-130722Terlihat bahwa menunya cukup lengkap dan sederhana, mulai dari :  Berita, Informasi Sekolah, guru dan staf, siswa,  mata pelajaran, psb online, album galery, buku tamu, manajemen admin, pemgaturan.

Sedangkan contoh tampilan websitenya adalah sbb :

SMK Indonesia_20130617-130804

untuk versi pengembangannya yaitu CMS Formulasi sebenarnya lebih mudah untuk instalasinya, bahkan tersedia tutoriallnya di situs http://www.cmsformulasi.com

Demikian sekilas beberapa CMS yang dapat digunakan untuk pengembangan website sekolah. Dengan tersedianya beberapa cms tersebut diharapkan setiap sekolah dapat mempunyai website yang cukup lengkap fasilitasnya. Selamat membangun website sekolah.

 

Leave a comment

Filed under tips-n-trik

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s