Membuat Mobile Learning dengan eXeLearning dan Phone Gap #Part-2

Melanjutkan materi sebelumnya Membuat Mobile Learning dengan eXeLearning dan Phone Gap, yaitu bagaimana membuat new app jika aplikasi sebelumnya sudah dibuat di PhoneGap dengan fasilitas Private App.

Karena kita masih menggunakan free user dengan Git Hub ID, maka kita hanya memiliki 1 private app yang disediakan oleh Phone Gap. Private App ini fasilitas yang termudah, karena hanya tinggal upload ZIP-file dari eXeLearning, kemudian dibuild oleh Phone Gap.

Kalau kita membuat new app yang lain, bukan private app, maka fasilitas yang ada tinggal “open source app” dimana file eXelearning kita harus diupload sebagai open source di Git Hub. Pembahasan ini akan ditulis di artikel berikutnya, karena cukup panjang langkah-langkah untuk upload ke Git Hub.

Untuk saat ini maka saya akan menulis tahapan “update” atau memperbarui app yang sudah dibuat sebelumnya (sebenarnya bisa kita build app baru, resikonya app lama akan ditimpa oleh app baru).

Setelah sign-in di git hub, kemudian sign-in di phone gap, maka tampil App kita seperti berikut ini :

2014-01-16_140909klik pada Update code, sehingga tampil pop-up dibawah Update code sbb (ada peringatan bahwa ini akan merusak app lama) :

2014-01-16_141043Klik Browse untuk mengambil file ZIP dari exeLearning yang baru, pilih file zip tersebut kemudian klik Upload, sehingga akan terjadi proses “upload”, apabila berhasil akan tampil seperti ini:

2014-01-16_141242Kemudian klik setting untuk memperbarui Configuration, tampilannya ada di bawah setting, seperti berikut ini :

2014-01-16_141515Silahkan perbarui data yang ada, mulai dari browse incon, app-title, package, version dan description (klik gambar di atas untuk memperbesar). Setelah itu klik save, tunggulah proses building hingga selesai, maka akan tampil proses building dengan hasil sebagai berikut :

2014-01-16_141749Selesailah proses building, klik apk atau file lain, untuk download App, misalnya klik apk untuk download app di OS Android.

Silahkan install apk tersebut, namun perlu diperhatikan bahwa app tersebut akan menimpa app lama yang sudah dibuat sebelumnya.

//

Leave a comment

Filed under tips-n-trik

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s