Memasukkan Video di Moodle

Video merupakan media yang baik untuk menyampaikan suatu materi, dengan gabungan gambar dan suara tentunya akan memudahkan siswa untuk memahami sebuah materi.

Materi di elearning kita pun sangat memungkinkan untuk diberi video, harapannya begitu dibuka materi tersebut video langsung dapat diputar/dijalankan. Nah sayangnya, kalau kita upload file video di platform elearning moodle, maka sangat tergantung browser yg digunakan siswa untuk membuka Moodle kita, apabila plugin video dari browsernya lengkap maka, siswa dapat langsung melihat video tersebut. seperti contoh berikut ini :

Contoh link video yg diupload sebagai file di Moodle :

12014-11-05_075239

 

 

terlihat di atas adalah 2 format video berbeda, yg atas *.mp4 yg bawah *.ogv. Untuk mp4 kebetulan saya menggunakan plugin quick time, sehingga ketika diklik akan tampil terlebih dahulu spt ini, bahwa Quick time player memerlukan ijin dari kita :

2014-11-05_075756

Setelah di klik Run this time atau Always Run, maka akan tampil:

2014-11-05_075815

Quict Time Player siap, kemudian akan ada proses streaming video, setelah berhasil video langsung tampil di Moodle seperti berikut ini:

2014-11-05_075200

Demikian juga untuk yang *.ogv, karena saya menggunakan browser terbaru, format video ini langsung terbuka oleh browser chrome saya sbb:

2014-11-05_075324

Nah bagaimana kalau browser tidak memiliki plugin berbagai format video??? Maka siswa harus mengunduh file video terlebih dahulu, setelah diunduh baru dijalankan dengan player video yang dimiliki.

Dengan demikian memang, bisa atau tidaknya video yang diupload di moodle dibuka oleh siswa secara langsung adalah tergantung kelengkapan dari browser yang digunakan, apakah sudah lengkap plugin videonya? Bukan karena format video yang kita upload.

Untuk mengatasi agar semua video bisa langsung dijalankan adalah, file video kita upload ke Youtube (misalnya), kemudian share embed video, kita pasang di Moodle kita, bisa sebagai label atau sebagai page.

Jadi setelah video kita upload di Youtube, dan jika disetting public, maka kita akan mendapatkan kode share embed video kita, contoh :

2014-11-05_071808
Jadi klik Share, kemudian klik embed, maka akan tampil kode html, silahkan dicopy kode html tersebut. Kemudian masukkan di Moodle melalui Add Label atau Page

2014-11-05_082631
Pada editor di Label atau Page, klik <> atau HTML Code, kemudian paste seperti contoh di atas. Sehingga hasilnya bisa seperti ini :

2014-11-05_071906

 

Terlihat dari gambar di atas bahwa video langsung tampil ketika halaman dibuka, sehingga begitu diklik play langsung jalan, tentu tergantung koneksi internet kita. Untuk cara ini memang memerlukan koneksi internet untuk mengakses video. Sedangkan cara-cara yang tidak upload ke Youtube maka bisa digunakan untuk moodle di intranet, hanya perlu plugin video player yang lengkap untuk setiap browser yang digunakan untuk mengakses.

 

 

Leave a comment

Filed under tips-n-trik

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s